Kata Pengantar
Sungguh sebuah kebahagiaan dan rasa syukur penulis panjatkan kepada Allah Bapa Tri Tunggal karena penulis telah menyelesaikan penyusunan buku ajar edisi pertama. Buku tentang Manajemen Pengunjung di destinasi pariwisata ditujukan untuk para mahasiswa/I, dosen dan para pelaku industri pariwisata yang mengkaji kepariwisataan, beserta dampak dari aktivitas pariwisata pada destinasi serta Manajemen Pengunjung.
Berdasarkan hasil penelitian pustaka diketahui bahwa masih belum banyak buku yang membahas mengenai Manajemen Pengunjung di destinasi wisata. Penulis berharap meningkatnya kesadaran dalam manajemen destinasi wisata dari dampak yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata dengan menerapkan Manajemen Pengunjung di destinasi. Untuk itu buku ini diterbitkan berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka.
Ucapan terimakasih penulis haturkan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penulisan dan penerbitan buku ajar ini. Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam buku. Untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat memberi maanfaat bagi pembaca
DAFTAR ISI
PRAKATA
DAFTAR ISI 8
BAB I Pendahuluan 1
1.1 Kepariwisataan 1
1.2 Destinasi Pariwisata 7
1.3 Pengunjung, Wisatawan, Pelancong 21
1.4 Daya Dukung Lingkungan Kepariwisataan 30
BAB II Dampak Pariwisata Pada Destinasi Wisata 41
2.1 Dampak Pariwisata Pada Destinasi Wisata 42
2.2 Bidang Ekonomi 52
2.3 Bidang Sosial Budaya 71
2.4 Bidang Lingkungan 85
BAB III Manajemen Pengunjung 101
3.1 Mengapa Dibutuhkan Manajemen Pengunjung? 102
3.2 Manfaat Manajemen Pengunjung 115
3.3 Pendekatan Manajemen Pengunjung 120
3.4 Regulasi Perjalanan Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 126
BAB IV Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Di Daya Tarik Wisata Dalam Masa Penanganan Pandemi Covid-19 130
4.1 Panduan Umum 130
4.2 Panduan Khusus 133
4.3 Standar dan Sertifikasi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Sektor Pariwisata 142
Judul Buku:
MANAJEMEN PENGUNJUNG DI DESTINASI WISATA
|
Penulis:
Liliana Dewi M. Liga Surjadana Ramang H. Demolingo
|
Editor:
FX. Setiyo Wibowo
|
Penata Letak:
FX. Setiyo Wibowo
|
Penata Sampul:
Joy Petraska Tehupeiory
|
Sinopsis Buku
Buku ajar dengan judul manajemen pengunjung ditujukan untuk mahasiswa/I, dosen dan pelaku industry pariwisata yang mengkaji kepariwisataan. Edisi pertama membahas tentang kepariwisataan, dampak pariwisata di bidang ekonomi, social budaya, lingkungan di destinasi wisata hingga manajemen pengelolaan pengunjung serta sekilas tentang panduan CHSE yang diterapkan di industry jasa dan wisata, dilengkapi dengan Latihan-latihan soal yang bisa didiskusikan bersama di kelas.
Harga Buku:
Rp 20,500